Alat Pemrosesan Dalam CPU

Proses merupakan instruksi atau perintah yang dikerjakan oleh computer untuk menjalankan operasi data secara aritmatika dan logika yang dilakukan pada data. Selama proses data, data diubah bentuk, urutan, dan strukturnya sehingga mendapatkan hasilnya. Setelah itu hasil tersebut disimpan didalam data.

1. CPU sebagai alat proses
Di dalam pengertiannya CPU adalah kumpulan dari beberapa perangkat keras ( hardware) yang bisa memahami dan melaksanakan beberapah perintah dari perangkat lunak (software).
CPU terdiri dari 2 bagian utama yaitu :
- ALU ( aritmatica logical unit)
- CU ( control unit )
- REGISTER

- ALU ( aritmatica logical unit )
 Tugas utama dari ALU ialah melakukan semua perhitungan aritmatika (matematika) yang terjadi sesuai denagan instruksi tambahan, pengurangan, perkalian dan sebagainya.

- CU ( control unit )
  CU berfungsi mengatur proses kerja komputer. Baik proses kerja dalam CPU sendiri maupun hubungan dengan Input dan Output Device. Dengan adanya CU komputer akan berkerja secara benar dan tepat.

- REGISTER
  REGISTER merupakan alat penyimpanan kecil yang mempunyai akses kecepatan tinggi yang digunakan untuk menyimpan data dn instruksi yang sedang diperoses, sementara data dan instruksi lainnya masih disimpan di dalam memori utama untuk menunggu giliran diproses.

2. Komponen-komponen CPU
Di dalam CPU terdapat berbagai macam komponen perangkat keras yang digunkan untuk menjalankan komputer. Salah satu Hardwarenya adalah Harddisk, Diskdrive, Processor, Memori, VGA card, SoundCard, Motherboard, Usb Port, Dan lain-lain yang tidak bisa disebutkan satu-persatu.
Nah untuk mengetahui fungsi dari hadware-hadware tersebut disni saya sebagai penulis blog akan menjelaskannya.

A. HARDDISK
 Harddisk merupakan tempat penyimpanan data pada CPU, Harddisk memilki komponen-komponen seperti piringan logam, head, rangkaian elektronik, rangkaian penguat, DSP (digital signal processor), cip memory, konektor, spindle, dan actuator arm motor controller. Besarnya kapasitas Harddisk bermacam-macam, ada yang 1,2 GB hingga sekarang-sekarang ini mencapai 1 Terabyte.

B. DISK DRIVE
 Disk Drive merupakan sebuah mesin atau alat yang dapat membaca dan menulis data ke disk. Disk Drive dapat dilakukan secara internal (yang terletak di dalam CPU) atau eksternal (yang terletak terpisah dengan CPU).

C. PROSESOR (Processor)
 Fungsi dari Prosessor sendiri adalah untuk memproses semua perhitungan yang harus dilakukan oleh komputer. Kekuatan Prosesor diukur dari frekuensinya, seperti 550 MHz hingga saat ini mencapai 1,4 GHz. Saat ini prosesor yang sering digunakan adalah Intel, AMD, dan IBM.

D. MEMORI
 Memori di dalam CPU tebagi menjadi 2 yaitu RAM dan ROM, dalam hal ini saya akan mencoba menjelaskan pengertian dan perbedaan baik RAM maupun ROM.
- RAM
  RAM (Random Access Memory) merupakan salah satu bagian terpenting pada CPU, karena RAM berfungsi untuk menyimpan program yang kita olah untuk sementara waktu. Jika komputer dimatikan maka data di RAM akan hilang. Kecepatan RAM lebih cepat disbanding Harddisk. RAM dapat diakses secara acak.

- ROM
 ROM (Read Only Memory) merupakan salah satu bagian terpenting juga pada CPU, karena ROM berfungsi untuk menyimpan data untuk jangka waktu yang sangat lama. Isi dari ROM tidak boleh hilang atau rusak karena bila terjadi ynag demikian, maka system pada komputer tersebut tidaka akan berfungsi. Biasanya isi dari ROM tersebut sudah ada dari pabrikan dan biasanya pula tidak bisa di ubah-ubah oleh program lain atau para user (pengguna).ROM bersifat non volatile supaya isinya tidak hilang bila listrik komputer dimatikan.

Pebedaan RAM dan ROM :
* RAM adalah sebuah alat yang digunakan komputer untuk menyimpan sebuah data atau program yang di olah sementara dan dapat diambil sewaktu-waktu. Dan jika komputer dimatikan maka data di komputer akan hilang. Dan RAM dapat diakses secara acak.
* ROM adalah sebuah alat penyimpanan data di komputer yang bersifat jangka panjang, maksudnya apa yang telah dimasukkan di dalam komputer tidak bisa di ubah-ubah, biasanya isi ROM telah ada dari pabrikan dan apabila listrik dalam komputer dimatikan data tersebut tidak hilang dan bersifat non volatile.

Nah disini kita telah dapat kita mengetahui perbedaan yang signifikan sangat terlihat antara ROM dan RAM.

E. Kartu Grafis (VGA Card)
 Kartu VGA ( Video Graphic Adapter) berguna untuk menterjemahkan output ke monitor. Untuk gambar dan bermain game kita memerlukan VGA yang sangat tinggi kekuatannya. Hingga saat ini VGA bisa mencapai 2 GB.

F. KARTU SUARA (SoundCard)
 SoundCard adalah suatu perangkat keras komputer yang digunakan untuk merekam suara atau mengeluarkan suara. Kalau kita sedang mendengarkan musik atau bermain game, perangkat ini sangat berguna sekali.

G. MOTHERBOARD
 Motherboard adalah sebuah papan induk yang di dalamnya merupakan kumpulan komponen utama di dalam komputer. Motherboard terdiri dari panel-panel elektronik untuk menggerakan system PC secara keseluruhan. Kualitas benda ini sangat berpengaruh terhadap dukungan terhadap jenis dan kapasitas komponen lainnya. Motherboard juga sebagai tempat berlalulalangnya data.

H. USB Port (Konektor USB)
 Di zaman sebelumnya USB Port ini sangat jarang digunakan hanya sebagian orang saja yang menggunakannya, dikarenakan sebelumnya orang-orang hanya memakai Disket yang dimana disket tersebut tidak menggunakan USB Port . Namun dengan seiring perkembangan zaman, orang-orang sudah mulai menggunakan USB Port hal ini disebabkan kebutuhan orang yang semakin meningkat akhirnya orang-orang menggunakan Flash disk yang mempunyai penyimpanan lebih besar. Nah dengan adanya USB Port maka alat Flash disk tersebut terpakai. 

USB Port nerupakan alat penghubung antara Flash disk atau alat sejenisnya yang menghubungkan langsung dengan CPU. Letak dari USB Port sendiri terletak di bagian belakang atau depan.

Nah….Kesimpulannya telah dijelaskan diatas bahwa pentingnya peranan komputer dalam kehidupan sehari-hari. Sebagaimana fungsi komputer yang utama yaitu sebagai alat hitung dan sebagai alat yang difungsikan untuk membantu manusia dalam menyelesaikan masalah yang ada.

Bookmark and Share

4 komentar:

artana's blog mengatakan...

thank sob.

arvis page mengatakan...

ok sama-sama jangan lupa visit back ya.. :-p

icki mengatakan...

2. Komponen-komponen CPU
Di dalam CPU terdapat berbagai macam komponen perangkat keras yang digunkan untuk menjalankan komputer. Salah satu Hardwarenya adalah Harddisk, Diskdrive, Processor, Memori, VGA card, SoundCard, Motherboard, Usb Port, Dan lain-lain yang tidak bisa disebutkan satu-persatu.
Nah untuk mengetahui fungsi dari hadware-hadware tersebut disni saya sebagai penulis blog akan menjelaskannya.

klarifikasi :
komponen CPU ( Central Processing Unit ) adalah ALU dan CU
sedangkan definisi diatas mungkin yang anda maksud adalah komponen PC( personal computer )

maaf kalau ternyata saya yang salah hehehehh :)

rahmat togetherz mengatakan...

Thanks,,.
bnyk manfaatnya

Poskan Komentar

Follower's

 

Arblog Networked

arvis BLOG | Template Ireng Manis © 2010 Free Template Ajah. Distribution by Dhe Template. Supported by Cash Money Today and Forex Broker Info