Merasakan Nikmatnya Sambel Asam


Indonesia merupakan negara kepulauan. Setiap pulau memiliki berbagai macam kuliner. Salah satunya Kuliner yang ada di kepulauan Bangka Belitung.


Selain Bangka yang merupakan kepulauan yang kaya akan dengan Timah terbesar di Indonesia dan memiliki Panorama yang sangat indah ternyata kepulauan bangka sendiri menyimpan berbagai macam kuliner. Kuliner tersebut rata-rata merupakan hasil dari rempah-rempah dan kekayaan dari alamnya. Sehingga bisa membuat lidah kita ingin mencoba dan selalu ingin mencoba kuliner tersebut.

Pada kesempatan kali ini saya akan mencoba memperkenalkan sebagian kecil daftar kuliner dari kepulauan bangka. Makanan ini bahan-bahannya sangat mudah di dapat dan tidak membutuhkan biaya yang besar sehingga siapa pun dapat membuatnya. Makanan ini biasanya dapat kita temui pada saat hari raya Idul Fitri di pulau Bangka. Hampir di setiap rumah pasti menyediakan makanan ini sebagai pendamping ketupat dan makanan lainnya.

Mungkin nama makanan ini agak asing di telinga kita, karena makanan ini di makan bersama ketupat. Ketupat biasanya dimakan bersama Soto tapi kali ini ketupat di makan bersama SAMBAL, namanya SAMBAL ASAM. Mengapa bisa dibilang SAMBAL ASAM ? ini dikarenakan rasa dari sambal tersebut Pedas + Asem banget tapi rasanya ASIK..hehehehe. Saya sebagai penulis dan yang mempunyai alamat blog ini telah merasakan nikmatnya rasa dari sambel tersebut Beh Mantap Banget...

Bahan dari SAMBAL ASAM tersebut antara lain Cabe, Bawang Merah, Air asam, EBI, Garam, Terasi, Gula Merah, Daun Salam, dan Santan Kental. Setelah semua bahan di haluskan dan ditumis sampai mengeluarkan bau yang wangi Dan siap disajikan bersama ketupat yang di santap di hari raya Idul Fitri.

Nah….Saya sebagai penulis dan yang mempunyai alamat blog ini sangat berharap para pembaca bisa menikmati dari SAMBAL ASAM tersebut walaupun jarang ada di wilayah Jakarta.

Bookmark and Share

1 komentar:

Posting Komentar

Follower's

 

Arblog Networked

arvis BLOG | Template Ireng Manis © 2010 Free Template Ajah. Distribution by Dhe Template. Supported by Cash Money Today and Forex Broker Info