Organisasi Palang Merah Indonesia



Pengertian PMI


Palang Merah Indonesia (PMI) adalah sebuah organisasi perhimpunan nasional di Indonesia yang dimana organisasi sosial tersebut bergerak dalam bidang sosial kemanusiaan. Organisasi sosial ini selalu berpegang teguh pada tujuh prinsip dasar yaitu kemanusiaan, kesamaan, kesukarelaan, kemandirian, kesatuan, kenetralan, dan kesemestaan. Fungsi utama dari Palang Merah Indonesia ini sendiri diantara lain membantu pemerintah di bidang sosial kemanusiaan.


Dalam pelaksanaannya Palang Merah Indonesia tidak melakukan pembedaan tetapi mengutamakan objek korban yang paling membutuhkan pertolongan segera untuk keselamatan jiwanya atau bisa dibilang Palang Merah Indonesia tidak berpihak pada golongan politik, ras, suku ataupun agama tertentu.


Sejarah PMI


Palang Merah Indonesia memiliki awal mula & sejarah yang sangat panjang berawal dari

12 Oktober 1873 pada saat pemerintahan Belanda. Awal mulanya pada saat itu Palang Merah Indonesia bernama Nederlandsche Roode Kruis Afdeeling IndiĆ«” (NERKAI) yang memiliki arti “Departemen Palang Merah Belanda namun keberadaan palang merah belanda ini tidak bertahan lama, karena pada saat peperangan pemerintahan Belanda berhasil di taklukan oleh pemerintahan Jepang yang akhirnya semua kebijakan pemerintahan Belanda dihilangkan termasuk Departemen Palang Merah Belanda.

Ketika pemerintahan Jepang yang agak mulai mundur(disebabkan oleh jatuhnya bom atom di Hirosima & Nagasaki) akhirnya pemerintahan Indonesia berinisiatif untuk memerdekakan diri pada tahun 1945. Tak lama waktu berselang setelah Indonesia merdeka, akhirnya presiden Indonesia Ir.Soekarno mulai memproses pembentukan Palang Merah Nasional yang telah lama vakum sejak pada pemerintahan Belanda.

Proses pembentukan PMI sendiri dimulai pada tanggal 3 September 1945 saat itu Presiden Soekarno memerintahkan Dr Boentaran (Menkes RI 17 September 1945) agar membentuk suatu badan Palang Merah Nasional. Tepat sebulan setelah kemerdekaan RI, 17 September 1945, PMI terbentuk. Peristiwa bersejarah tersebut hingga saat ini dikenal sebagai Hari PMI. Palang Merah Indonesia (PMI) berdiri berdasarkan Keputusan Presiden No 25 tahun 1925 dan dikukuhkan kegiatannya sebagai satu-satunya organisasi perhimpunan nasional yang menjalankan tugas kepalangmerahan.


PMI Sebagai Basis

Masyarakat


Guna mengantisipasi berbagai kemungkinan yang terjadi pada saat-saat yang akan datang PMI mengembangkan Program Community Based Disarter Preparedness (Kesiapsiagaan Bencana Berbasis Masyarakat). Program ini dimaksudkan agar mendorong pemberdayaan kapasitas masyarakat untuk menyiagakan dalam mencegah serta mengurangi dampak dan risiko bencana yang terjadi di lingkungannya. Pada dasarnya seluruh gerakan kepalangmerahan haruslah berbasis masyarakat, ujung tombak gerakan kepalangmerahan adalah unsur-unsur kesukarelaan pada setiap masyarakat ataupun setiap anggotanya. Di Indonesia sendiri PMI memiliki kantor pusat yang berada di Jl. Jenderal Gatot Subroto Kav. 96, Jakarta.


sumber : wikipedia

Bookmark and Share

0 komentar:

Posting Komentar

Follower's

 

Arblog Networked

arvis BLOG | Template Ireng Manis © 2010 Free Template Ajah. Distribution by Dhe Template. Supported by Cash Money Today and Forex Broker Info