KURVA PENAWARAN (refrensi buku)

KURVA PENAWARAN

Didalam pengertiannya Kurva penawaran ialah kurva yang menunjukkan hubungan antara harga barang dengan jumlah barang yang ditawarkan, yang dimana apabila jumlah sesuatu barang yang sanggup ditawarkan oleh pada suatu tingkat harga dan tempo masa tertentu.

Dasar Hukum

Dasar hukum pada Kurva Penawaran ialah “Apabila harga sesuatu barang x meningkat, maka konsumen sanggup menawarkan lebih banyak barang x. Dan Apabila harga barang x turun maka jumlah penawaran juga turun”.

Ciri-ciri Kurva Penawaran

Kurva Penawaran memiliki ciri-ciri sebagai berikut :
a.) Bergerak ke atas dari kiri ke kanan

b.) Hubungan positif antara harga dan jumlah yang ditawarkan dalam hal ini apabila harga. meningkat, jumlah penawaran meningkat dan apabila harga turun, jumlah penawaran turun.

Daftar penawaran Buku Tulis

Keadaan

Harga Buku (Rp)

Jumlah yang ditawarkan (unit)

A

5000

900

B

4000

800

C

3000

600

D

2000

375

E

1000

100









Kurva Penawaran Buku

Sumber : Prof. N. Gregory Mankiw, Principles of Economics “Pengantar Ekonomi Mikro”

Penjelasan Tabel dan Gambar :

Sebagaimana pada konsep permintaan, dapat digambarkan kurva penawaran yang menunjukkan berbagai kemungkinan harga dengan jumlah barang yang ditawarkan. Sebagaimana dalam tabel berikut ditunjukkan bahwa semakin meningkatnya harga suatu barang semakin meningkat pula jumlah barang yang ditawarkan dan sebaliknya.

Penawaran Pasar & Individu

- Penawaran Pasar

Penwaran Pasar adalah Jumlah (kuantitas) suatu barang yang di Tawarkan oleh semua pada suatu tingkat harga dan tempo masa tertentu. Dalam hal ini Penawaran pasar bisa di gambarkan dalam bentuk tabel atau plot. Konsep pada kurva penawaran pasar, dimisalkan barang x dibentuk dengan menjumlahkan semua kurva penawaran dalam pasar bagi barang x secara mendatar.

- Penawaran Individu

Penawaran Individu adalah Jumlah sesuatu barang yang Sanggup ditawarkan oleh pada suatu tingkat harga dan tempo masa tertentu. Pada penwaran individu ini konsep nya hampir sama namun yang membedakan keduanya ialah apabila pada penawaran pasar barang ditawarkan kepada konsumen, Namun pada penawaran individu ini masing-masing individu harus sanggung menawarkan harga barang yang telah ditawarkan kepada produsen.


Refrensi Buku :

Prof. N. Gregory Mankiw, Principles of Economics “Pengantar Ekonomi Mikro” Edisi 3, Penerbit Salemba Empat, 2006

Bookmark and Share

0 komentar:

Posting Komentar

Follower's

 

Arblog Networked

arvis BLOG | Template Ireng Manis © 2010 Free Template Ajah. Distribution by Dhe Template. Supported by Cash Money Today and Forex Broker Info