Bab IV ( Manusia dan cinta kasih )


Indonesia dikenal sebagai sebuah negeri yang subur dan makmur tapi itu DULU. Negeri yang membentang di sepanjang garis katulistiwa ini membuat para penghuninya merasa makmur dan tentram. Namun, seiring dengan berjalannya waktu, Indonesia tidak lagi nyaman untuk dihuni bahkan tidak pantas karena keadaan tanah yang gersang dan tandus.
Mengapa ini bisa terjadi? Bukankah Indonesia sudah memiliki perangkat hukum mengenai Pengelolaan Lingkungan Hidup? Mengapa korban-korban masih terus berjatuhan akibat rusaknya lingkungan? Siapa yang mesti bertanggung jawab ketika bumi ini tidak lagi bersikap ramah terhadap penghuninya?
Saat ini agaknya (nyaris) tidak ada lagi tanah di Indonesia yang nyaman bagi tanaman untuk tumbuh dengan subur dan lebat. Dipedesaan hutan telah gundul, terbakar, dan terbabat habis sehingga tak ada tempat lagi untuk resapan air. Satwa liar pun telah kehilangan habitatnya. Sementara itu, di perkotaan telah dibangun gedung-gedung bertingkat tanpa mempertimbangkan dampaknya terhadap lingkungan. Polusi tanah, air, dan udara benar-benar telah mengepung masyarakat perkotaan sehingga tak ada tempat lagi untuk bisa bernapas dengan bebas.
Salah satu budaya yang patut kita contoh ialah Masyarakat Papua,mereka memiliki budaya dan adat istiadat lokal yang lebih mengedepankan keharmonisan dengan alam. Mereka pantang melakukan perusakan terhadap alam karena dinilai bisa menjadi ancaman besar . Namun, sejak adanya keganasan sebuah PT Besar di Papua (maaf saya tidak sebutkan ), Alam Papua yang luar biasa indahnya menjadi hancur oleh alat-alat besar yang memotong satu persatu batang-batang pohon. Mungkin masih banyak lagi contoh-contoh lainnya yang tidak bisa saya sebutkan satu-persatu.
Sementara alam yang sudah mulai hancur, hukum perlindungan alam pun makin tak berdaya menghadapi para umat manusia. Dengan Hancurnya alam ini para umat manusia hanya bisa mencari “kambing hitam” siapa yang bersalah dan siapa yang mesti bertanggung jawab terhadap kerusakan lingkungan hidup. Untuk menghijaukan kembali alam-alam yang telah rusak pemerintah seharusnya merangkul semua komponen bangsa untuk menghijaukan kembali alam yang telah rusak agar alam bisa hijau seperti dulu lagi. Saya sebagai pembuat blog ini sangat mendukung program pemerintah yaitu “ONE MAN ONE TREE” semoga Indonesia bisa hijau dan damai seperti dulu lagi.

Bookmark and Share

0 komentar:

Posting Komentar

Follower's

 

Arblog Networked

arvis BLOG | Template Ireng Manis © 2010 Free Template Ajah. Distribution by Dhe Template. Supported by Cash Money Today and Forex Broker Info