Benarkah Nasi Putih Makanan Tak Sehat??


--Tahukah Anda??--

Mengkonsumsi nasi putih sudah menjadi makanan pokok masyarakat Indonesia. Namun sebuah penelitian mengatakan bahwa mengkonsumsi nasi putih sangat tidak sehat untuk para penderita diabetes. Lalu, makanan apa yang bisa menggantikan nasi putih?

Mengganti nasi putih dengan beras merah merupakan salah satu cara terbaik menekan peningkatan gula darah. Alasannya, Nasi Merah bisa menurunkan risiko diabetes hingga 16 persen sedangkan nasi putih bisa meningkatan kadar gula darah Anda.

Studi ini dilakukan di Amerika Serikat yang melibatkan lebih dari 200 ribu orang. Hasil penelitian, ditemukan bahwa porsi makan 150 gram beras putih lebih dari lima kali seminggu meningkatkan risiko diabetes sebesar 17 persen dibandingkan dengan orang-orang yang makan hanya satu porsi nasi dalam sebulan.

Hal ini dijelaskan oleh fakta bahwa beras merah kaya serat yang bisa digunakan untuk diet. Penggilingan beras coklat menghapus sebagian besar serat tersebut, sehingga kadar glukosa darah lebih tinggi.

Beras putih lebih sehat daripada beras putih dilihat dari konten serat dan nutrisi. Bran atau bekatul dari gabah mengandung vitamin B, mineral, serat, asam folat, juga kaya kalium, seng, tembaga, dan yodium. Selain itu beras pecah kulit memiliki rasa kacang ringan.

Jadi pecinta nasi putih mungkin harus beralih ke beras merah dan biji-bijian lainnya. Banyak para peneliti merekomendasikan nasi putih untuk menggantinya dengan beras merah.

Sumber : Yahoo

“ Pembaca yang baik adalah pembaca yang mengomentari bacaan yang dia baca ”.

Bookmark and Share

11 komentar:

Putri & Dedi Busana mengatakan...

Nenek moyang kita dulu ngak pernah tuh sakit Darah tinggi ... hehehe ... btw problem orang sekarang dengan orang dulu sangat berbeda. Tingkat stres nya juga beda. banyak faktor juga sih yang menentukan (selain nasi putih). Buktinya makan nasi Aking malah sehat2 aja tuh ... Sukses buat kita semua dan bangsa kita juga. Salam Sukses ...

perempuan mengatakan...

ok juga tuh artikelnya,...

arvis page mengatakan...

@Putri & Dedi Busana : mungkin dahulu orang2 belum begitu mengenal tentang bahan kimia, jadi masih secara alami pada saat penanaman..but thxs sobat atas komentarnya..

arvis page mengatakan...

@perempuan : thxs sobat atas komentarnya,jangan lupa untuk visit trus ya..http://img25.imageshack.us/img25/4159/mangu.gif

Priagoenks mengatakan...

wah pertama kaget liat judulnya.ternyata untuk penderita diabetes.

tp mahalan mana sob?nasi putih atau beras merah?hehehe

arvis page mengatakan...

:))
emang untuk penderita diabetes,namun lebih baik kita mencegah penyakit dari mengobatinya..
klo menurut ane mahal beras merah gan,soalnya beras merah kaya serat yang bisa digunakan untuk diet..

rossy mengatakan...

menurut ku ini info yg bagus, namun jgn dijadikan patokan..

arvis page mengatakan...

ok sobat thxs buat komentarnya,disini kita saling share aja kok.. :?

anggasona mengatakan...

hihihi baru tau saya, krn stau sy ya nasi putih emg makan pokok sehari .. ty sob infonya :)

Bunglon Blog Indonesia mengatakan...

semakin banyak diteliti maka akan semakin banyak hal² diluar dugaan yang muncul, kita berpatokan kepada hal² yang biasa sejak dulu, sudah biasa to kita makan nasi putih dari dulu?
Sukses Slalu!

arvis page mengatakan...

@anggasona : memang nasi putih merupakan makanan sehari-hari,namun ini hanya info aj kok..ok deh sob sama-sama atas komentarnya..jangan lupa visit trus ya :-p

@Bunglon Blog Indonesia : mungkin ini merupakan hal baru yang dapat kita pelajari bersama-sama..:?ok sobat atas komentarnya,jangan lupa untuk visit trus ya...

Posting Komentar

Follower's

 

Arblog Networked

arvis BLOG | Template Ireng Manis © 2010 Free Template Ajah. Distribution by Dhe Template. Supported by Cash Money Today and Forex Broker Info