Organisasi Kerukunan Tani Indonesia


Profesi Petani

Petani merupakan suatu profesi yang bisa dibilang profesi tersebut sangat dituntut untuk bekerja gigih, rajin, serta ulet. Karena apabila tidak ada profesi petani maka bisa dibilang tidak adanya bahan & pangan untuk kebutuhan sehari-hari. Pengertian dari petani sendiri yaitu seseorang yang bergerak di bidang bisnis pertanian dengan melakuakan pengolahaan tanah dengan tujuan menumbuhkan & memilihara tanaman untuk memperoleh hasil dari tanaman tersebut untuk digunakan sendiri atau dijual kepada orang lain.

Untuk mensejahterakan rakyat Indonesia akhirnya para petani berkumpul menjadi suatu wadah yang biasa disebut suatu organisasi. Diharapkan dengan adanya organisasi tersebut para petani bisa mensejahterakan rakyat Indonesia dan dirinya sendiri.

Pengertian Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI)

Salah satu perkumpulan (organisasi) petani adalah Himpunan Kerukunan Tani Indonesia yang didirikan sejak 27 April 1973. Pengertian dari organisasi tersebut adalah sebuah organisasi sosial di Indonesia yang bersekala nasional berdiri sendiri dan mandiri yang dikembangkan berdasarkan kesamaan aktivitas, profesi, dan fungsi di dalam bidang agrikultur & pengembangan pedesaan.

Tujuan HKTI

Tujuan dari Himpunan Kerukunan Tani Indonesia yaitu meningkatkan pendapatan, esejahteraan, harkat dan martabat insan tani, penduduk pedesaan dan pelaku agribisnis lainnya. Tujuan tersebut sesuai dengan Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945.

Fungsi HKTI

Selain memiliki pengertian & tujuan Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) juga memiliki berbagai fungsi diantaranya :

1. Sebagai wadah penghimpun segenap potensi insan tani Indonesia dan atau “Rukun Tani” jenis komoditas usaha tani.

2. Menjadi alat penggerak pengarah perjuangan insan tani Indonesia.

3. Sarana penampung dan penyalur aspirasi amanat penderitaan rakyat tani penduduk pedesaan.

4. Wahana menuju terwujudnya cita-cita nasional, Indonesia raya.

5. Arena pemberdayaan dan pendidikan insan tani, masyarakat pertanian dan pedesaan

Dengan adanya organisasi tani ini diharapkan seluruh masyarakat & petani di Indonesia bisa sejahtera.

Sumber : Wikipedia ,, Himpunan Kerukunan Tani Indonesia

Bookmark and Share

1 komentar:

Todi saja mengatakan...

yang jadi pertanyaan.sejauh mana HTI ini dapat berjalan maksimal menjalan fungsinya dan meningkatkan derajat hidup para petani? semoga suatu saat nanti di Indonesia ini petani merupakan pekerjaan yang menjadi sangat bergengsi dan terpandang...

Posting Komentar

Follower's

 

Arblog Networked

arvis BLOG | Template Ireng Manis © 2010 Free Template Ajah. Distribution by Dhe Template. Supported by Cash Money Today and Forex Broker Info