Tugas II KSI Lanjut



Gambaran sistem Universitas Gunadarma
Supersistem : Universitas Gunadarma
Subsistem    : 1. BAAK (Biro Akademik dan Administrasi Keuangan)
                    2. PSMA (Pengembangan Sistem Manajemen Akademik) Online
                    3. PPMB (Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru)
                    4. UM (Ujian Mandiri)
                    5. Laboratorium

-Integrasi antar sistem

1. Pendaftaran mahasiswa baru
Pendaftaran mahasiswa baru merupakan kegiatan yang diurus oleh PPMB. Data-data yang dikumpulkan di PPMB diserahkan juga kepada BAAK berupa data diri mahasiswa baru. karena BAAK mengurus segala hal yang berhubungan dengan Akademik dan Keuangan. Setelah mahasiswa selesai mendaftar, mahasiswa wajib membayar uang kuliah sesuai yang tertera pada informasi di PPMB dan untuk membayar tersebut mahasiswa mendapatkan blanko yang dapat dibayarkan ke bank melalui BAAK.

2. Aktif Akademik
Aktif akademik ialah mahasiswa yang dapat mengikuti kegiatan akademik pada semester yang bersangkutan setelah menyelesaikan administrasi akademik sesuai batas waktu yang telah ditentukan. Untuk aktif akademik, mahasiswa diwajibkan untuk membayar uang kuliah dan mengisi serta mengambil KRS (Kartu Rencana Studi) pada semester yang bersangkutan. Uang kuliah tersebut dibayarkan ke bank dengan blanko yang didapat di BAAK sedangkan pengisian dan pemgambilan KRS dapat dilakukan di ruang PSMA Online dengan menyerahkan salah satu blanko yang didapat dari BAAK setelah melakukan pembayaran di bank.

3. Daftar Ulang
Kegiatan daftar ulang dilakukan setahun sekali pada semester genap di ruang PSMA Online. Mahasiswa yang akan melakukan daftar ulang sebelumnya telah mengambil dan mengisi FDU (Formulir Daftar Ulang) dan datang sesuai dengan waktu yang telah ditentukan. Jika selesai mengisi data-data pada saat daftar ulang di ruang PSMA Online, maka selanjutnya dilakukan pencetakan blanko pembayaran uang kuliah dimana blanko tersebut dapat diambil di BAAK.

4. Laboratorium
Praktikum diadakan di laboratorium bergantung pada masing-masing jurusan. Pada praktikum, mahasiswa minimal harus mengikuti praktikum sebanyak sesuai dengan ketentuan yang telah disesuaikan oleh pihak kampus. Jika absensi kurang dari ketentuan yang telah ditetapkan pihak kampus, maka praktikan akan dikenakan denda yang telah disepakati. Sebagai bukti pembayaran tersebut adalah blanko yang diserahkan kepada mahasiswa yang mengulang.

5. Perbaikan nilai melalui UM (Ujian Mandiri)
Mahasiswa yang mengikuti UM adalah mahasiswa yang berniat mengubah nilainya menjadi lebih baik, jika nilai pada DNS adalah E maka mahasiswa harus mengikuti pengulangan kelas. Jika mahasiswa berhasil mengubah nilainya menjadi lebih baik, maka nilai pada DNS akan diperbarui oleh petugas UM dan disalurkan kembali kepada BAAK untuk pengecekan nilai.

-Kelebihan dan Kelemahan
Kelebihan supersistem ini yaitu memiliki database yang saling terhubung/terintegrasi dengan subsistem-subsistem. Masing-masing dari subsistem tersebut memiliki tugasnya masing-masing sehingga hasil dari beberapa tersebut telah menjadi data dan data tersebut diserahkan oleh pihak BAAK yang nantinya pihak BAAK akan memberikan suatu hasil yaitu berupa informasi DNS.

Kekurangan supersistem ini adalah masih ditemukan subsistem-subsistem yang kurang bekerja sama satu sama lainnya ini disebabkan oleh beberapa faktor masih terbatasnya hak akses dari beberapa subsistem sehingga harus menunggu hasil dari subsistem yang lain.


Bookmark and Share

0 komentar:

Poskan Komentar

Follower's

 

Arblog Networked

arvis BLOG | Template Ireng Manis © 2010 Free Template Ajah. Distribution by Dhe Template. Supported by Cash Money Today and Forex Broker Info