Organisasi Persatuan Guru Republik Indonesia


Pengertian Guru

Guru berasal dari bahasa sansakerta yang berarti guru, namun secara harfiah berarti berat. Dalam bahasa Indonesia guru umunya merujuk pada pendidik professional dengan tugas utama mendidik, mengajar, memimbing mengarahkan, melatih, menilai dan mengevaluasi peserta pendidik dalam konteks tersebut yakni siswa.

Dalam definisi yang lebih luas, setiap orang yang mengajarkan suatu hal yang baru dapat juga dianggap seorang guru. Bisa dibilang profesi sebagai guru ini merupakan profesi yang harus di contoh oleh setiap orang karena apabila tidak ada guru mungkin manusia buta akan hal pengetahuan. Berikut ini beberapa istilah yang juga menggambarkan peran guru, antara lain:

- Dosen

- Mentor

- Tentor

- Tutor

Organisasi PGRI

Dengan jumlah guru-guru yang ada di negara Indonesia akhirnya para guru-guru tersebut berkumpul menjadi suatu wadah yang didalam tujuannya menjadikan masyarakat Indonesia tahu akan Ilmu akhirnya dibuat seuatu perkumpulan dokter atau biasa disebut suatu organisasi.

Salah satu perkumpulan (organisasi) guru adalah Persatuan Guru Republik Indonesia yang mulai didirikan pada tahun 1945 dengan tokoh & pelopornya adalah RH Koesnan, Ketua Umum PB PGRI. Organisasi ini lahir 100 hari setelah proklamasi kemerdekaan RI, di Surakarta, pada tanggal 25 November 1945.

Tujuan PGRI

Dengan didirikannya PGRI maka PGRI sendiri juga memiliki tujuan sendiri yaitu :

a. Membela dan mempertahankan Republik Indonesia (organisasi perjuangan)

b. Memajukan pendidikan seluruh rakyat berdasar kerakyatan (organisasi Pendirian PGRI sama dengan EI: “education as public service,├áprofesi) not commodity”

c. Membela dan memperjuangkan nasib guru khususnya dan nasib buruh pada umumnya (organisasi ketenagakerjaan)

sumber : Wikipedia ,, SMA PGRI

Bookmark and Share

0 komentar:

Posting Komentar

Follower's

 

Arblog Networked

arvis BLOG | Template Ireng Manis © 2010 Free Template Ajah. Distribution by Dhe Template. Supported by Cash Money Today and Forex Broker Info